artist-baby-designerlisticnet

Tutorial Sederhana Make Up Artist Effect di Photoshop

Kehidupan artis atau selebritis memang selalu memunculkan imajinasi kegemerlapan di setiap kemunculannya, dan tahukah anda dibelakang layar mereka mempunyai asisten pribadi yang selalu siap setiap saat untuk merias dan mempercantik tampilan artist tersebut disegudang event dan agenda yang dimilikinya.

Itulah dia sang Make Up Artist, dia mempunyai pekerjaan memoles wajah dan tata rias sang artis agar selalu tampil mempesona dihadapan sejuta fans nya.

Oke jangan pernah bayangkan bagaimana rupa dan gaya si Make Up Artist tersebut ;) Pada tutorial ini kita akan mencoba menerapkan teknik-teknik yang biasa dilakukan penata rias tersebut ke artis nya, namun bedanya kita menggunakan media digital alias photo untuk membuat effect riasan dengan menggunakan software grafis Adobe Photoshop, simple, mudah, cepat dan bermanfaat..khususnya bagi anda para Newbie alias Begineer:

PERSIAPAN

1. Download file photo babyartist.jpg untuk latihan disini (109 Kilobyte)

2. Buka software Adobe Photoshop anda, mengenai versi (photoshop 7, CS, CS2, CS3, CS4) anda bebas menggunakan yang mana saja, karena kita hanya menggunakan teknik basic saja ;)

3. Ikutilah tutorial atau panduan lengkapnya dibawah ini:

LANGKAH 1

OPEN (Ctrl + O) > FILE > artistbaby.jpg yang telah didownload, setelah itu duplikasi (gandakan) photo tersebut pada panel Layer seperti gambar disamping, dengan cara CLICK KANAN > DUPLICATE LAYER sebanyak 2 kali sehingga kita mempunyai 3 LAYER yang sama.

Anda melihat ICON LOCK (Gembok) seperti diatas “buanglah ke tong sampah” dengan cara CLICK KANAN > DELETE LAYER.

Selamat Anda telah menguasai dasar-dasar LAYER (Lapisan), yaitu menghapus dan men-duplicate, kita lanjutkan kelangkah selanjutnya.

Tips: ketika melakukan delete & duplicate layer, anda dapat melakukannya dengan cara cepat lainnya yaitu DRAG (Click tahan) LAYER yang terkunci tersebut dan tarik ke ICON New Layer atau ICON Trash dipojok bawah.

LANGKAH 2

Oke!! sekarang tanpa basa-basi lagi kita coba satu Trick Rahasia untuk memanipulasi photo yang buram dan redup agar tampil lebih cerah, khusunya pada bagian kulit wajah..Sssst!! hanya dalam 3 detik saja, caranya dengan: CLICK LAYER paling atas > pada piliham blending mode > pilih OVERLAY MODE, mudah kan ;)

LANGKAH 3

Setelah memunculkan warna yang lebih merona, anda perlu untuk memberikan sedikit sentuhan “Magis” agar pada bagian-bagian tertentu di kulit yang dirasa masih terasa gelap akan terlihat lebih cerah, anda pasti tidak percaya teknik ini begitu berarti bagi kemajuan dunia photo editing, caranya yaitu;

Pilihlah layer Original atau Layer yang belum diberi effect diatas. pilih Brush tool, setting brush Size = 200px (atau secukupnya), Mode = Color Dodge dan Opacity = 10% (agar tidak terlalu tegas) Flow =25% (pancaran). masih dengan Brush Tool ganti menjadi Eyedropper tool untuk mengambil sample warna kulit yang paling terang dari image tersebut (Alt+Click pada image). Selanjutnya anda tinggal menggosok-gosokan si koas tersebut ke daerah yang ingin tampil lebih cerah.

LANGKAH 4

Baik..sampailah kita pada bagian pemolesan “bedak” dan “Eyes Shadows” ;) pertama-tama anda harus menggunakan tool (peralatan) seleksi area di toolbox dengan nama Magnetic Lasso Tool dan setting

Feather di menubar bagian atas menjadi 5px agar sudut-sudut hasil seleksi menjadi otomatis cembung, selanjutnya jika anda baru pertama kali menggunakan tool ini anda dapat mulai mencobanya dengan cara CLICK sekali pada daerah pipi dekat hidung, setelah itu tanpa mengclick apapun anda geser kursor mouse ke daerah lainnya seperti gambar disamping dan akhiri dengan CLICK kembali, lakukanlah terus menerus hingga membentuk lingkaran yang saling menyambung, jangan lupa di akhir titik DOUBLE CLICK agar NODE/SPOT/TITIK seleksi kembali menyambung dengan ke titik pertama. Selamat anda telah belajar menggunakan Magnetic Lasso Tool yang bekerja seperti magnet ini.

Tips: Anda dapat mencoba juga tool lainnya yaitu Polygonal Lasso Tool, alat ini mempunyai perbedaan dengan Magnetic Lasso Tool yaitu tanpa kemampuan magnetnya, namun sangat berguna jika anda ingin menghasilkan seleksi area yang lurus dan kaku.

LANGKAH 5

Setelah mendapatkan area pada bagian pipi di wajah yang telah terseleksi, selanjutnya kita akan mencoba memberikan effect warna bedak dengan menggunakan Gradient Tool,

namun anda sebelumnya harus membuat NEW LAYER pada PANEL LAYER di bagian paling atas agar kita tidak menggangu master photo di bagian layer bawah dan rubahlah juga mode layer menjadi HUE agar warna yang muncul akan tampak kontras.

Setelah itu kembali ke gradient tool dan pilihlah warna PINK, kemudian aturlah juga FOREGROUND TO RANSPARENT seperti gambah di bawah.

Mulailah mengusap warna yang telah kita miliki dengan cara DRAG dari kiri ke kanan. Selain itu cobalah juga mengkombinasikan warna yang telah ada dengan menimpakan warna lainnya dibagian atasnya dengan warna yang berbeda, khusunya pada sekitar mata misalnya BIRU MUDA.

Tips: Organisasikan juga Layer yang telah diberi warna dengan langkah-langkah diatas dengan mengurangi intensitas warnanya dengan cara mengurangi Opacity, selain itu coba juga menambah warna baru di layer baru namun tidak menggunakan mode HUE seperti diatas tapi DARKEN agar warna menjadi lebih redup.

KESIMPULAN

Demikianlah sedikit tentang trik dari teknik yang saya tahu & biasa saya gunakan untuk praktek project Photo Editing di Adobe Photoshop, dan tahukah anda beberepa teknik diatas saya temukan juga di beberapa Studio Photo Digital untuk pekerjaan edit foto Weding atau pernikahan. Jika ada cara-cara atau trik lainnya mohon anda sharing dengan saya pada form comment dibawah ini. Akhir kata lakukan terus dan terus di beberapa gambar photo yang berbeda agar lebih mengasah kemampuan anda, salam FROM BEGO TO HERO ;)

Postingan Terkait

free-download-cake-cookies-ultah-hut-birthday-icon-set-dock-preview-thumbs

Free Download Icon Set Kue Ulang Tahun

tutorial-effect-retouch-foto-rambut-di-adobe-photoshop-post-235x150

Tutorial Photoshop Retouch Effect Mewarnai Rambut

adobe-ilustrator-tips-mengatur-magic-wand-tolerance-level-thumbs-235x150

Tips Mengatur Tolerance Level pada Magic Wands Tool di Adobe Ilustrator

adobe-ilustrator-tips-menggunakan-teknik-expand-shapes-pada-panel-pathfinder-thumbs-235x150

Tips Menggunakan Teknik Expand Shapes pada Panel Pathfinder di Adobe Ilustrator

Tinggalkan Balasan