SEO-designerlistic-dot-net

Panduan SEO (Search Engine Optimization) untuk Web Designer

Artikel berikut ini saya adaptasi dari WebDesignerWall.com, kenapa saya mereferensi ulang artikel ini yaitu semata-mata karena besarnya manfaat yang saya rasakan dalam mendapatkan lebih dari 2000 Unique Visitor hanya kurang dalam 1 Bulan (sejak 26 Agustus 2008) atau sejak website ini On-line di internet. Namun tidak hanya sampai disitu artikel ini juga saya kembangkan dengan berbagai info penting lainnya berikut pengalaman-pengalaman saya selama mendalami dunia web design dan search engines optimization, semoga bermanfaat.Dari hasil survey jajak pendapat yang telah dilakukan hanya terdapat 1 saja dari 10 orang yang berpikir bahwa keahlian SEO (Search Engine Optimization) adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seorang Designer, dan yang sangat mengejutkan adalah tidak kurang dari 24% bahkan tidak mengetahui apakah sebenarnya itu SEO itu! jika Anda termasuk dalam seperempat orang yang tidak tahu apakah itu SEO atau mengetahui seberapa besar hal itu dapat menolong Anda, saya yakinkan Anda sangat-sangat diwajibkan membaca artikel ini. Karena ini adalah “Panduan Rahasia Search Engine Optimization Untuk Designer” yang ingin belajar bagaimana cara membuat sebuah situs atau blogs milik Anda akan “diketemukan” secara cuma-cuma oleh Visitors (pengunjung) melalui Search Engine (situs mesin pencari). Didalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa kesalahan umum yang sering dibuat oleh para Designer dan developers, kemudian setelah itu saya akan menyuguhkan sedikit tips dasar yang harus Anda praktekan untuk mengoptimalkan situs Anda di mata Search Engines.

Kenapa Anda harus mempelajari SEO?

Sebagai Designer SEO adalah menjadi tanggung jawab Anda, karena Andalah yang membuat struktur situs, khususnya dibalik segala keindahan yang terkandung dalam mahakarya design Anda, disanalah terdapat berbagai aturan-aturan yang Anda harus ikuti, demi satu tujuan yaitu mendapatkan peraihan angka pengunjung yang tinggi dan banyaknya backlink referrals (situs orang lain yang mereferensikan halaman internet Anda dengan cara meletakan link yang mengarah ke situs Anda).

Jika situs buatan Anda tidak bersahabat dengan Search Engine, Anda bisa benar-benar kehilangan traffic pengunjung, karena selain Visitors (pengunjung) mengetikan alamat “www.namasitusAnda.com” dan backlink referrals, search engines lah satu-satunya jalan yang menuntun orang untuk menemukan situs Anda, bahkan tanpa Anda minta sekalipun.

Tedapat banyak keuntungan memiliki situs dengan jumlah traffic pengunjung yang sangat tinggi. Sekedar contoh, situs Designerlistic.net ini memiliki komposisi pengunjung yang terus bertambah setiap harinya, dan ternyata hanya 15% saja yang mengetikan langsung url http://www.designerlistic.net pada browser, sisanya sebanyak 15% berasal dari backlink referrals dan 70% berasal dari Search Engine, yang berarti sebanyak 70% setiap bulan adalah potensi pengunjung baru Kami. Bayangkan saja jika tanpa referensi dari Search Engine, Maka Kami akan kehilangan ratusan hingga ribuan pegunjung setiap harinya. Hal itu juga berarti akan sangat beresiko tinggi kehilangan klien potensial untuk tujuan bisnis Kami, karena sebuah situs akan dihargai dari nilai ranking yang diberikan oleh google (Page Rank Google) dan Alexa Traffic rank.

SEO berarti juga adalah nilai tambah sebuah pelayanan. Sebagai seorang Designer/developer Anda dapat menjual SEO skills Anda ini sebagai pelayanan khusus untuk client Anda.

Bagian Dasar: Bagaimanakah Cara Kerja Search Engines?

Pertama-tama, mari kita lihat bersama bagaimanakah cara kerja “crawler” yang dimiliki oleh Search Engines. Setiap Search Engine memiliki program otomatisnya sendiri yaitu yang dinamakan ” Spider” atau ” crawler”. Tugas mereka adalah menelusuri, membaca dan mengumpulkan content (isi situs), kemudian mengikuti semua links yang ada (baik itu link dari situs itu sendiri maupun link dari situs yang lain/external yang tertuju ke situs kita). Kemudian Spider menumpuk seluruh informasi yang didapatnya kedalam sebuah database Search Engine yang dinamakan index.

Nah, kemudian ketika pencari informasi mengetikan sebuah kata kunci (query) didalam kotak inputan disebuah Search Engine, kemudian Search Engine akan mencari dan menemukan hasil yang paling relevan dari kata-kata kunci yang dicari pencari informasi tadi dan tentu saja informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian (Searc Result) tersebut bukanlah langsung mencari ke situs-situs di seluruh dunia pada saat itu juga, namun Search Engine mengambil data hasil pencarian dari database yang sudah didapat pada index tadi, itulah mengapa pencarian yang dilakukan oleh Search Engine bisa sangat cepat hingga hitungan sepersekian detik saja untuk setiap kata kunci yang Anda cari.

Tips: “Setiap crawler atau Spider melakukan proses index ke seluruh domain situs di seluruh dunia dalam waktu yang berbeda-beda, bisa jadi itu dilakukan hingga berminggu-minggu kedepan, maka dari itu ada kalanya posisi situs kita untuk kata kunci tertentu selalu berubah-rubah, contoh pada tanggal 26 Agustus hingga sebelum Idul Fitri situs Designerlistic.net selalu muncul pada urutan pertama pada search.yahoo.com dengan keywords (kata kunci) “design kartu lebaran” hal ini dimungkinkan karena saya membuat halaman download dan artikel mengenai Free Design Templates Download Idul Fitri 1429H jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba sehingga situs ini akan lebih awal terindeks oleh Search Engine dan dianggap paling unik dilihat dari isi dan relefansinya, alhasil traffic situs ini naik hingga 300% dari minggu pertama launching, benar-benar menguntungkan bukan. Intinya tips dari saya diatas adalah Anda harus peka (timing) terhadap selera pasar yang menjadi niche Anda”.

Belajarlah dari Guru SEO sebenarnya yaitu Google, MSN dan Yahoo

Dari seluruh Artikel, Tutorial, Tips and Trik dan berbagai referensi belejar SEO saya jamin 100% inilah guru terbaik anda, anda wajib mempelajarinya langsung dari master SEO sebenarnya, kenapa? ya jelaslah… merekalah yang membuat aturan dan rumus-rumus SEO, dan disana anda akan menemukan berbagai panduan untuk menjadi webmaster agar dapat memaksimalkan hasil pencarian di SE.

Anda dapat menemukan Link langsung menuju masing-masing search engine tersebut di sini:

Ternyata Tidak Ada Misteri SEO! di Google, MSN dan Yahoo

Tugas Anda Adalah Sebagai Search Engine Optimizer

Setiap Search Engine memiliki algoritma atau konsepnya sendiri untuk menilai sebuah halaman pada situs. Dengan cara memahami faktor-faktor umum yang mempengaruhi algoritma tersebut, hal itu berarti dapat juga mempengaruhi posisi Anda dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh calon pengunjung. Inilah yang menjadi tujuan utama seorang ahli SEO. Pekerjaan SEO memiliki dua aspek yaitu: On-situs and Off-situs.

  • On-site SEO: sesuatu yang Anda lakukan didalam situs Anda sendiri sperti: HTML markups, target keywords, internal linking, struktur situs, dan lainnya.
  • Off-site SEO: adalah sesuatu yang kurang dapat Anda kontrol seperti, berapa banyakah backlinks (link dari situs lain yang mengarah ke situs Anda) yang anda dapatkan dan bagaimana cara orang-orang menungujungi situs Anda, apakah mengetikan langsung, apakah dari iklan, apakah dari Search Engine, apakah dari e-mail, refferal, dll.

Catatan: “Panduan SEO pada artikel ini memiliki penekanan aspek On-site SEO. Sedangkan untuk Off-site SEO kuncinya adalah jika Anda melakukan pekerjaan Anda dengan benar dan mendesign situs yang cantik kemudian selalu menyuguhkan content situs yang berguna bagi orang banyak maka secara otomatis Anda akan mendapatkan Off-situs backlinks dan social bookmarks tanpa Anda mengerakan jari Anda sekalipun”.

9 Kesalahan Terbesar SEO yang Dibuat Oleh Designers dan Developers

Splash Page

Saya sering kali melihat kesalahan ini ketika seseorang hanya menempatkan sebuah banner (iklan/gambar) yang besar dengan sebuah link “Click here to enter” atau “Click disini” untuk melanjutkan pada homepage (halaman depan) situs tersebut. Hal yang terburuk adalah kalimat “enter” link tersebut di design dengan cara tanam/gabung (embed) kedalam objek animasi Flash, yang tentu saja akan membuat sesuatu yang mustahil untuk Spiders mengikuti link yang dibuat tersebut.

Hal ini tentu saja tidak berarti apa-apa jika Anda tidak peduli tentang apakah Search Engine akan mengenali situs Anda atau tidak, namun tetap saja Anda melakukan kesalahan besar. Karena biasanya Homepage adalah halaman dengan rangking paling tinggi pada situs Anda dan mendapatkan kunjungan crawl paling sering oleh Spiders. Sedangkan halaman-halaman lainnya yang terdapat didalam struktur situs Anda tidak akan berpengaruh kedalam Search Engine index tanpa struktur link yang jelas dari homepage yang ditelusuri Spider.

Kesimpulannya homepage Anda wajib berisikan (minimal) target keywords dan link-link menuju halaman-halaman penting dalam isi situs Anda.

Tips: “Itulah kenapa homepage sebuah situs lebih banyak ditulis index.php atau index.html keimbang home.php atau default.php karena pada dasarnya homepage akan berisikan index (kumpulan) link-link singkat (preiview) menuju isi halaman penting didalamnya, contoh nyata paling gampang dapat Anda lihat pada setiap halaman pertama sebuah koran atau surat kabar, disana pasti akan terdapat potongan-potongan cerita singkat yang mengarah kehalaman tertentu didalam isi beritanya, lengkap bukan? Anda pun dapat melakukannya pada situs Anda yaitu bisa dengan cara menempatkan kumpulan link seperti Blog Archives, Recent Post, Related Articel, Related Download, Top 10 Popular Download, dll”.

Fakta Menu atau Tombol Flash adalah Non-Spiderable (tidak ter-Spider)

Banyak Designer membuat kesalahan ini, yaitu dengan menggunakan banyak menu atau tombol animasi Flash pada situs buatannya, seperti gaya fade-in teknik roll-over yang canggih. Saya yakin hal itu akan terlihat keren bagi Anda, namun satu hal yang pasti, teknik seperti itu tidak akan “terlihat” sama sekali oleh Search Engine, lebih parahnya semua link yang ada pada menu Flash tersebut tidak akan ditelusuri oleh Spider-nya Search Engine.

Image dan Content Flash

Pada dasarnya Spider sangat menyukai situs yang berbasis text, mereka tidak dapat membaca text yang di embed kedalam sebuah graphic gambar, photo ataupun Flash. Banyak sekali Designer yang membuat kesalahan ini dengan menggabungkan content yang sangat penting (seperti target keywords) didalam Flash dan image.

Tips: “Didalam keseharian saya juga disibukan dengan aktifitas mengajar di kampus LP3i Tasikmalaya, selain saya melakukan sharing ilmu dengan Mahasiswa dalam mata kuliah Graphic Design & Photo Editing, saya juga diamanatkan untuk memegang mata kuliah Graphic Animation (Adobe Flash), permasalahannya adalah saya selalu mengingatkan anak didik saya ketika membuat suatu website full flash, sediakan juga satu link untuk menampilkan versi HTML nya (yang paling baik adalah pada halaman index dan menu bar bagian atas), suatu pekerjaan yang menyusahkan memang, tapi demi tujuan SEO lah kita harus melakukannya, dan hasilnya spider akan mengindex seluruh isi website tersebut plus!! kelebihannya juga adalah pengunjung dapat disuguhkan dua macam gaya website yang menarik”

Penggunaan fasilitas Ajax yang berlebihan

Kebanyakan web developer selalu mencoba memuaskan hati para pengunjung website-nya dengan cara memasang fasilitas Ajax secara berlebihan (biasanya untuk tujuan navigasi), akan tetapi tahukah Anda hal itu adalah kesalahan BESAR SEO? Karena content Ajax selalu dipanggil secara dinamis (langsung ke website), artinya hal ini tidak tertelusuri oleh Spider yang artinya juga tidak ter-index oleh Search Engines.

Versi Theme Design

Dengan alasan tertentu, beberapa Web Designers sangat menyukai untuk membuat versi theme untuk situs mereka kedalam sub level folders (contoh: seperti www.mayasariplaza.com/v2/index.php, www.mayasariplaza.com/v3/index.php, www.mayasariplaza.com/v4/index.php misalnya) dan ketika dibuat versi baru misalkan v5 maka semua versi sebelumnya akan di redirect kedalam folder baru v5 tadi (agar pengunjung ketika mengetikan url ke versi 1-4 akan langsung dialihkan langsung ke versi 5 yang baru). teknik ini secara langsung akan berakibat berpindahnya lokasi utama root yang mengakibatkan Anda kehilangan hitungan backlink dan ranking halaman yang telah disimpan di database Search Engine sebelumnya. yaitu dikarenakan broken link.

“Click Here”, “Click disini”, “Baca selengkapnya”, “Detail” Link Anchor Text

Anda pasti sering melihat link dengan tulisan seperti contoh diatas, biasanya tombol berupa link tulisan tersebut digunakan untuk melanjutkan sebuah headline berita ke halaman artikel yang lebih lengkap mengenai topik pada headline tersebut, contoh penggunaan link anchor text dapat Anda lihat pada headline artikel situs NewbieStudio.Com ini. Hal tersebut sangat bagus sekali jika Anda ingin meraih perhatian Visitors dan mendapatkan rangking halaman yang tinggi dengan tulisan-tulisan “Click Here” / “Click disini” / “Baca selengkapnya” / “Detail”. Namun jika Anda ingin menunjukan kepada Search Engine bahwa halaman yang Anda buat tersebut adalah halaman penting untuk topic tersebut, maka gunakanlah topic/keyword pada link anchor text tersebut. hal ini menjadi suatu nilai yang lebih positif jika Anda menuliskan kata “pelajari selengkapnya tentang {keyword atau topic}” atau “baca selengkapnya tentang {keyword atau topic}” atau “lihat detail tentang {keyword atau topic}”, dll.

Warning: Jangan pernah menggunakan kata-kata yang sama untuk setiap anchor text pada seluruh isi situs Anda. Terkadang hal ini malah sering dianggap sebuah spam oleh Search Engine.

Tips: “Didalam pengalaman saya, ketika melihat hasil pencarian yang muncul pada Search Engine seperti Google atapun Yahoo, anda bisa melihat bahwa format yang muncul adalah Title Tag suatu halaman di website anda, kemudian Content halaman tersebut yang berhubungan dengan keywords yang diketikan pencari informasi, dan yang terakhir url halaman tersebut, maka dari itu saya anjurkan anda lebih memilih menggunakan judul artikel atau berita sebagai link ke detail berita selanjutnya, karena akan memiliki rank yang tinggi dibandingkan penggunaan contoh diatas”.

Kesalahan umum pada Title Tag (Tag Judul)

Title Text yang sama atau terlalu mirip:
Setiap halaman pada situs Anda harus memiliki tag judul <title tag> yang unique dengan Target Keywords didalamnya. Banyak web developers sering melakukan kesalahan yang sama ini yaitu lebih tepatnya membuat title tags yang sama hampir diseluruh halaman situs. Sepertinya hal itu dengan gamblang memberi tahukan Search Engine bahwa setiap halaman dalam situs Anda mereferensikan topik yang sama sehingga tidak ada yang satupun halaman yang unik dengan halaman yang lainnya..

Salah satu contoh yang mudah didapat adalah penggunaan tag judul yang digunakan WordPress dengan theme yang standar. Kenyataannya banyak orang tidak pernah mengetahui bahwa tag judul tersebut benar-benar tidak berguna sama sekali, lebih jelasnya adalah seperti: Nama situs > Blog Archive > Judul Postingan. Kenapa teknik ini sangat tidak bersahabat dengan Search Engine? jawabannya adalah setiap halaman akan dianggap memiliki satu halaman yang sama yaitu “Nama situs > Blog Archive >” yang ditulis pada awal pengetikan kode pada tag <title>. Jika Anda benar-benar ingin memasukan nama situs Anda, maka seharusnya Anda mengetikannya pada akhir tag judul yaitu: Judul Postingan | Blog Archives | Nama situs Anda..

Title Tag yang melebihi batasan 65 karakter huruf:
Banyak Bloggers menulis tag judul dengan kalimat (keyword) yang sangat panjang. Memangnya kenapa? Pada halaman hasil pencarian Search Engine, title tag yang Anda buat akan digunakan sebagai link heading yang akan muncul pada baris pertama pada hasil pencarian untuk situs Anda. Catatanya Anda dibolehkan hanya mengetikan kurang lebih 65 characters (termasuk spasi) dengan tujuan agar index yang berisikan situs Anda tidak disingkirkan oleh Search Engine tersebut.

Keyword yang dijejalkan kedalam Title Tag:
Kesalahan umum lainnya yang dilakukan oleh orang-orang adalah menjejalkan tag title dengan banyak keyword. Mengatakan 3 hal yang sama tidak akan membuat situs Anda lebih relevant. Menjejalkan banyak keyword kedalam tag title akan dilihat oleh Search Engine sebagai spam (benar-benar tidak bagus). Namun ada suatu cara yang cerdas dengan mengulang kata yang sama dengan cara yang berbeda, misalkan:

“Tips Photo & Teknik Photography untuk Gambar yang Sempurna | designerlistic.net”

“Photo” dan “Photography” adalah kata yang sama dan diulang sebanyak dua kali namun dengan cara yang berbeda karena karena audiens Anda mungkin menggunakan salah satu diatara kata tersebut ketika mengetikan Query pada Search Engine.

Attribute Image Alt yang Kosong

Anda seharusnya menjelaskan Image (photo/gambar) pada setiap situs Anda pada atribut alt. Pada kenyataanya memang tulisan yang diketikan pada atribut alt tidak akan selalu dilihat oleh Visitor, kecuali ketika koneksi internet yang sangat rendah maka gambar yang belum muncul pada browser akan “diwakili” sementara oleh atribut alt ini, Namun tahukah Anda? dikarenakan Search Engines tidak dapat “melihat” image pada sebuah situs, maka atribut inilah yang akan dijadikan acuan dalam menggambarkan relevansi sebuah halaman situs yang Anda buat, sungguh sangat penting bukan?.

Tips: Menggambarkan dengan baik setiap image yang Anda miliki dapat membantu ranking situs Anda pada hasil pencarian image di Search Engine (anda pasti ingat di google akan muncul opsi pencarian web dan gambar bukan?)

Alamat URL yang tidak bersahabat

Kebanyakan blog atau CMS (Contain Management System) platforms memiliki fasilitas URL dinamis yang bersahabat dengan program & database didalamnya, Namun kenyataanya, tidak setiap blogger mendapatkan keuntungan dari hal ini. URL yang bersahabat adalah alamat situs yang dapat dimengerti oleh kedua elemen manusia dan Search Engine. URL juga sangat penting dalam menunujukan dimana kata kunci yang Anda ketikan harus disimpan.

Contoh URL yang bersahabat: http://www.namadomainanda.com/judul-halaman.html
Contoh URL dinamis yang tidak bersahabat: http://www.namadomainanda.com/?p=12356

Jika anda pengguna WORDPRESS.COM seperti saya ;) anda akan sangat beruntung, kenapa? karena pada pengaturan setting Permalink (Permanent Link) anda dapat merubahnya secara manual format penulisan “halaman virtual” tersebut sesuai yang anda inginkan, jadi anda memiliki website dinamis namun dengan format URL yang statis, menguntungkan bukan.

Teknik SEO Secara Umum yang Harus Dilakukan dan Jangan Dilakukan

Berikut ini akan saya memberitahukan Anda mengenai APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN dengan memberitahukan Anda mengenai APA YANG JANGAN ANDA PERNAH LAKUKAN!!:

  • Jangan Sepelekan Pengunjung Anda
    Tulislah mengenai topic yang menurut pengunjung bermanfaat bagi mereka. Seperti apa? Carilah tahu, seperti melakukan polling di situs Anda (seperti yang saya lakukan), kumpulkan juga beberapa referensi pertanyaan yang sering diajukan, topik yang sering didiskusikan di Forum situs Anda, di inbox e-mail Anda, di komentar pengunjung Anda, atau mungkin pada buku tamu situs Anda atau juga Anda bisa lakukan sedikit penelitian keyword. Saat ini banyak sekali tool-tool keyword gratisan yang paten seperti Google Keyword Tool, disana Anda akan mengetahui berbagai ide-ide mengenai Keywords dan topik yang sedang digandrungi saat ini, bahkan hingga negara, bahasa, grafik setiap bulan, kompetensi jika anda akan berbisnis on-line dengan keywords tersebut, dll.
  • Jangan berbuat bodoh dengan Keyword yang terlalu Padat atau Rapat
    Sekali Anda memiliki topik untuk pembaca; bantulah Search Engines menemukannya. Keyword Density adalah jumlah kemunculan keyword didalam sebuah halaman situs berbanding dengan jumlah total kata secara keseluruhan. Anda pasti ingin memastikan bahwa kata kunci (keywords) yang Anda miliki telah termasuk kedalam area yang sangat penting dan berpengaruh, yaitu:

    • Tag judul (title)
    • Halaman URL (friendly URL)
    • Heading utama (H1 atau H2)
    • Paraghrap pertama dari isi halaman (content)

    Banyak orang menggunakan teknik kerapatan keyword sebanyak 2% (misalnya memunculkan keywords sebanyak 2 kali di setiap 100 kata). Lalu bagaimana jika keyword yang terkandung dalam kalimat “SEO untuk WebDesigners dan WebDevelopers” berapakalikah lagi Anda dapat mengulang keywords (SEO, Webdesigners, Webdevelopers) sebelum semuanya terdengar aneh atau sedikit dipaksakan? Jadi intinya buatlah tulisan untuk pembaca Anda bukan untuk Search Engines saja. Namun jika Anda mengikuti semua teknik-teknik dalam artikel ini Anda justru dapat mendapatkan keduanya, yaitu dapat dibaca dengan baik oleh pembaca sekaligus oleh Search Engines.

  • Hati-hati: Jangan pernah terlalu menjejalkan keywords kedalam halaman Anda dengan keywords yang sama, atau halaman situs Anda tersebut akan disingkirkan oleh Search Engine (keyword stuffing) sedikitnya muncul sebanyak 3 kali pada stuktur body.
Jangan Abaikan Relatifitas

Pada artikel yang saya buat ini, hampir dapat dipastikan akan memunculkan arti yang mendeskripsikan topik seperti “keyword research”, “Search Engine crawlers”, “title tag use”, “teknik SEO”, dll tetapi bagaimana jika saya mencoba mengartikan dan mengeset halaman yang saya buat dengan sebuah istilah yang bertraffic tinggi seperti “Asuransi Jiwa”, apakah konteks seperti itu benar? Jadi gunakanlah kata kunci dan topik memang benar-benar memunculkan maksud dan arti yang jelas, tidak sekedar permainan keywords yang populer, karena Search Engine akan mengukur relasi antar keywords terhadap relefansinya juga, contoh.
Goran Pandev dan Lazio (yes)
Design dan Kebun Binatang (walaupun sedikit bersinggungan, tapi korelasinya terlalu melebar)

Jangan Takut Menggunakan Link Internal

Apakah Anda ingin Search Engine membaca seluruh isi situs Anda? Maka bantulah Spider-nya Search Engine melakukan tugasnya tersebut. karena memang seharusnya disana terdapat sebuah halaman (contohnya seperti situsmap atau blog archives) yang menghubungkan ke seluruh isi situs Anda.

Tips: Anda dapat mempromosikan berbagai halaman yang menurut Anda sangat penting dengan cara memasukan text links kedalam body content, seperti “Baca artikel/tutorial yang lainnya” atau “Download terkait yang lainnya”. yakinkan juga Anda menggunakan link yang relevant dengan isi artikel halaman tersebut dan jangan pernah menggunakan link seperti “click here” atau “baca selengkapnya”, karena alangkah lebih baiknya judul dalam tag headinglah (h1 s/d h6) yang Anda jadikan link agar Spider mengindeks link tersebut sebagai keyword yang penting (seperti yang saya jelaskan sebelumnya).

Jangan Pernah Abaikan si ” Broken Links”

Anda harus selalu mencari dan mengecek seluruh link pada situs Anda dan pastikan tidak ada satupun halaman yang terputus atau buntu. Jika Anda mendapatkannya segeralah buang bagian tersebut dan perbaiki secepatnya, Anda juga dapat menggunakan robot.txt untuk mencegah Spiders melakukan crawling dan meng-index link yang terputus tersebut. Jika Anda memiliki halaman yang dipindah alamatnya atau mungkin seluruh isi situs, Anda dapat menggunakan 301 .htaccess untuk melakukan redirect ke URL yang baru.

Tips: Anda dapat menggunakan Google master Tools untuk mencari broken links dan halaman 404 Not Found errors.

Jangan Tidak Konsisten Dengan URL Domain Anda

Bagi Search Engine, Sebuah URL situs yang menggunakan www (Contoh: www.mayasariplaza.com) dan yang tanpa menggunakan www (Contoh: mayasariplaza.com) adalah berarti dua buah URL yang berbeda. Anda haruslah selalu menjaga struktur domain dan URL secara konsisten. Jika Anda mulai mempromosikan situs Anda tanpa menggunakan awalan “www”, maka konsistenlah dengan cara itu selamanya.

Hasil Posisi Pencarian

Melakukan teknik coding dan penyetingan situs Anda agar besahabat dengan SEO memang dapat meningkatkan seberapa baiknya sebuah Search Engine dapat mengakses situs Anda, namun hal itu tidak semerta dapat menjamin Anda dapat berada di posisi puncak pada hasil pencarian sebuah Search Engine (Search Engine Results Page: SERP). Karena terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi posisi hasil akhir pencarian, namun pada dasarnya adalah:

PageRank


Sebagian Proffesional dan pakar SEO selalu memperhatikan Google’s PageRank namun sebagian lagi tidak. Menurut pengalaman saya memiliki Google PageRank yang tinggi (dari 0 s/d 10) justru menjadi point utama keberhasilan kita sebagai Designer. Karena kita akan mengetahui seberapa pentingkah situs kita dimata Search Engine Google, hal ini akan berimbas terhadap segala hal, yaitu khususnya bagi Anda yang mencari keuntungan (baca:uang dollar) lewat bisnis on-line Google Adwords, saya sangat yakin Anda akan cepat di approve dan cepat pula mendapatkan banyak pengiklan yang akan meramaikan situs Anda yang berarti akan menambah pundi-pundi Anda setiap Visitors meng-click iklan tersebut. Anda dapat meningkatkan PageRank Anda dengan cara mengikuti seluruh tips diatas dan membangun backlinks (url dari situs lain yang mengarah ke halaman di situs Anda) yang berkualitas (berasal dari situs yang memiliki traffic tinggi juga).

Alexa Traffic Rank



Alexa Traffic Rank memang tidak sepopuler Google Page Rank (GPR) namun ternyata Alexa Rank cukup penting (bahkan sangat penting) bagi para Blogger yang ingin menjadikan blog-nya sebagai monetize blog karena kebanyakan para Advertiser (pengiklan) menggunakan rank Alexa sebagai syarat atau patokan dalam menentukan “harga” sebuah situs, alasannya sangat simple yaitu pada cara kerja Alexa itu sendiri. Cara Kerja Alexa Traffic Rank:
“Traffic rank adalah berdasar pada sejarah 3 bulan data traffic pengunjung dari jutaan pengguna Alexa Toolbar (situs yang menginstall code sendiri pada situs, atau juga user yang menginstall software pada browsernya) kemudian dikombinasikan dengan page views (jumlah halaman yang ditampilkan) dan users (Visitor yang didapat). Sebagai lngkah pertama, Alexa akan menghitung setiap hasil statistik yang didapat jumlah page views dari seluruh situs di internet setiap harinya. Jadi pada intinya rangking ini didapat dari kedua hal diatas yaitu jumlah pengunjung yang didapat dan halaman yang ditampilkan oleh pengunjung tersebut.

Namun ternyata Alexa Rank cukup penting bagi para Blogger yang ingin menjadikan blog-nya sebagai monetize blog karena kebanyakan menggunakan rank Alexa sebagai syarat atau patokan dalam menentukan “harga” sebuah situs.

Umur Sebuah Domain

Anda pasti akan terkejut jika mempelajari bahwa domain yang berumur “tua” juga menjadi sebuah factor didalam sebuah algoritma Search Engine. Karena domain yang sudah lama berkibar memiliki sejarah, dan content mereka akan terlihat lebih kompeten dibandingkan dengan situs yang baru lahir minggu lalu (.oh iya sekedar info situs Designerlistic.net ini baru di launching tanggal 26 Agustus 2008, masih bayi ya?) Domains yang lebih tua kadangkala mendapatkan keuntungan dalam posisi hasil pencarian.

Bersabarlah
Mungkin Anda telah melakukan semuanya dengan benar, namun apa yang terjadi? tetap saja tidak menunjukan grafik perkembangan pada Search Engines terhadap target keyword Anda. Kenapa? Karena semuanya membutuhkan waktu. Waktu juga sangat dibituhkan oleh Search Engines untuk meng-index dan merangking situs Anda (khusunya untuk domain yang baru). Jadi, bersabarlah seperti yang saya lakukan, teruslah bangun traffic dan jagalah sturktur situs Anda ketika sudah fix 100%, konsitusn dan konsisten.Alasan yang lainnya – bisa jadi keywords yang ditargetkan oleh Anda mungkin sangat competitive. Cobalah buat alternative keywords pada halaman Anda dan mungkin Anda akan mendapatkan terobosan hasil yang berbeda. Ingatlah, sekarang Anda sedang berkompetensi dengan Miliaran halaman internet di dunia.

Resources Penting untuk Anda

Google master ToolsGoogle master Tools membantu Anda melihat hasil crawler Google terhadap situs Anda. Jika Anda belum pernah login kedalam fasilitas ini sebelumnya, Anda dapat melakukan login ke Google master Tools, dan jangan lupa add (daftarkan) dan verify (verifikasikan) kepemilikan situs Anda, yaitu dengan cara mengupload file html tertentu yang disediakan Google, atau menyisipkan code tertentu pada tag meta di file index.html atau index.php Anda, yang tentu saja disediakan oleh Google juga.Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, Anda akan langsung menemukan informasi penting dibawah ini yaitu kapan terakhir kali Googlebot meng-crawl situs Anda.

Link HTTP yang errors
Halaman 404 Not Found yang errors
Jumlah External link, seperti bookmarks, backlink, dll
Keywords apa yang digunakan orang untuk menghubungkan ke situs Anda
Apakah top search queries ke situs Anda.
dll.

Free SEO Tools Berikut ini Andalah sebagian online SEO tools yang dapat Anda gunakan untuk PageRank, Link Popularity, Search Engine Position, Keyword Density, dll;

Berikut ini external links yang dapat Anda pelajari lebih jauh tentang SEO:

Resume

Mohon digaris bawahi bahwa saya bukanlah seorang Pakar SEO, tips yang saya bagi dengan Anda adalah hasil dari kumpulan artikel-artikel yang saya dapat dari internet, selain itu juga saya kombinasikan dengan berbagai pemikran dan pengalaman saya dalam membangun berbagai situs [seperti www.mayasariplaza.com, www.designerlistic.net, www.newbiestudio.com, www.jarumsuntik.com, dll ], saya pun sama seperti anda memiliki mimpi yang tinggi, jadi selain meraih mimpi saya juga ingin banyak beramal melalui hobby dan kemampuan saya di bidang web design.

Semoga Bermanfaat.

addapted from www.webdesignerwall.com

Postingan Terkait

ngeblog-blogging-blogger-mengganti-wp-admin-thumbs

Bagaimana Cara Mudah Merubah Username Admin di WordPress

the-republic-of-indonesian-thumbs

Submit Blog di Direktori Blogger Indonesia ngeblog.biz

twitter-designerlistic-thumbs

Kupas Tuntas Twitter Social Networking untuk SEO Web Designer

1001-panduan-wordpress-designerlistic

Panduan 1001 alasan kenapa harus WordPress untuk Bloger

Tinggalkan Balasan