1001-panduan-wordpress-designerlistic

Panduan 1001 alasan kenapa harus WordPress untuk Bloger

Euforia Nge-Blog Anak Bangsa saat ini

Baiklah, semua selalu diawali dengan pertanyaan “Apa” dan “Kenapa” WordPress? Sebelumnya mungkin saya ingin berbagi cerita tentang trend “Menulis” artkel yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada jaman dahulu kala ;). Mereka mempunyai hobby yang sama yaitu menyalurkan hobby menulisnya melalui media koran dan majalah, walau hanya sekedar cerita pendek, serial bersambung ataupun mungkin berita seputar pendidikan, sosial masyarakat dan lainnya.

Orang-orang tersebut bisa disebut “Responden”, yang selalu berjuang melayangkan pos ke suatu majalah untuk sekedar berjuang dan mendapatkan “Imbalan Jasa” atas apa yang telah dikaryakan olehnya..

Itulah inti dari munculnya ide pembuatan website berkonsep “Blog”, blog artinya “Menulis”, menulis apa saja sesuka si penulisnya. Blog itu ibarat “Majalah” dimana disitu terdapat konsep yang menjadi format baku majalah tersebut.

Yang pertama misalkan adanya “Nama Majalah” atau jika kita sandingkan dengan konsep web adalah “Domain atau Subdomain” misalkan jika di majalah adalah “Soccer” dan di blog adalah “www.duniasoccer.com atau soccer.wordpress.com” misalkan, jika di majalah ada editorial dan daftar isi” maka di website ada “Home atau Index” jika di Majalah ada “Iklan koran” maka di Website Blog ada Banner atau adsense” ;)

Itulah banyak tujuan untuk nge-blog saat ini, mungkin karena mudahnya memiliki website Blog sendiri tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, tanpa jaminan “BPKB” atau “Akte Tanah” anda cukup bermodalkan alamat e-mail , anda sudah dapat memiliki blog sendiri, dengan catatan anda “Nebeng” dengan website milik orang lain misalkan http://namabloganda.wordpress.com. Atau jika anda memiliki kocek berlebih anda dapat langsung “Mengepakan sayap” anda dengan membeli domain sendiri agar terlihat lebih “Professional”, ga mahal kok cukup dengan uang Rp. 80 ribuan setahun sayapun sudah memiliki nama website www.designerlistic.net ;) Oke! alasan lainnya mungkin ingin meningkatkan prestisi atau nilai kebanggan karena anda punya blog sendiri, sebagai tempat anda mencurahkan ide-ide dan pemikiran. Namun satu lagi yang pasti dengan memilki Website Blog banyak orang yang menjadi “Kaya Raya” karena “Menyewakan” pojok-pojok halaman web nya dengan iklan-iklan (banner), benar-benar passive income yang menjanjikan lhoo…

Whatever..apapun maksud dan tujuan dari “euforia” nge-blog ini yang pasti Orang-orang diseluruh dunia, termasuk “barudak” Indonesia telah menjadi lebih “Melek IPTEK” dan menjadi lebih “Kreatif”.

Sampai kapanpun saya selalu mendukung siapa saja selalu ingin “Merubah Nasibnya” dengan “Belajar dari Ilmu dan Pengalaman orang lain”, salut untuk anak bangsa yang creative untuk selalu menulis dan menulis… ;)

Kenapa harus WordPress tidak yang lain

Mmmm..ini pertanyaan yang paling seru, perlu diketahui saya Sanny Rizky Jatnika ;) adalah tidak jauh berbeda dengan anda, sayapun masih “Awam” dengan segalanya, yaaa walaupun saya lulusan Teknik Informatika, kemudian mengajar kuliah Graphic Design dan Animasi dan bekerja sebagai Professional IT” (maaf..hehe) saya pun selalu terus belajar dan belajar agar saya bisa meraih mimpi-mimpi di masa depan.

Oke! segitu saja tentang curhatnya. Sudah 2 Tahunan kebelakang ini saya “Berkelana” untuk belajar programing PHP secara otodidak dan membuat “Percobaan-percobaan” project seperti www.mayasariplaza.com dan lainnya, sayapun telah banyak belajar bagaimana memulai merancang website yang baik mulai dari awal hingga akhir.

Dan sayapun telah “menemukan” bahwa saat ini web dengan konsep dynamic website (website dengan pengolahan data secara dinamis) adalah wajib hukum dibandingkan dengan website yang static, kenapa? coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika website seperti detik.com (situs warta berita) tidak menggunakan konsep dinamis tersebut, yang artinya tanpa menggunakan konsep Database (penyimpanan & pengolahan data ke sebuah tabel) sedangkan berita yang dikumpulkan dari wartawan bisa sebanyak 10-100 berita sehari, benar-benar pekerjaan “berat” bagi programer karena harus mengedit secara manual langsung di kode-kode program untuk meletakan tulisan dan photo-photo terbarunya setiap jamnya, belum lagi munculnya banyak error dikarenakan perubahan secara langsung terhadap master code di server, waah! benar-benar gawat ;)

Karena itulah munculah suatu konsep dynamic web dengan membuat suatu pusat pengendalian (Control Panel) yang biasa disebut Containt Management System,

anda lihat gambar disamping ini itulah CMS milik dari WordPress,

dengan adanya “Software” atau “script-script” PHP, Ajax, Javascript, dll ini anda dapat mengolah tulisan, memasukan gambar, video, music, animasi flash, hingga bongkar pasang website anda dengan mudah! tanpa kemampuan programing sekalipun!

Anda cukup belajar “1 Bab” dasar saja tentang FTP Server dan PHPMyAdmin dan memulai menginstall-nya dengan mudah,

Jadi intinya sekarang Website bukan hanya untuk Web Programer saja tapi sudah menjadi milik siapa saja ;)

Beikut adalah alasan-alasan kenapa harus memakai WordPress untuk nge-blog:

1. Software CMS WordPress Gratis untuk didownload jika anda ingin menginstall-nya sendiri di computer local (tidak terkoneksi dengan internet) ataupun untuk diinstal di server web hosting milik anda (jika ingin domain sendiri seperti website designerlistic.net ini)

2. Jika anda ingin “Bergabung” dengan www.wordpress.com anda dapat langsung mendaftarkan diri anda langsung di id.wordpress.org (bahasa indonesia) atau www.wordpress.org (english), dan mulailah “berburu” nama subdomain kesayangan anda, misalkan belajarblog.wordpress.com, namasaya.wordpess.com, kotasaya.wordpress.com, dll. Ayo! cepetan mumpung gratis ;)

3. Banyaknya ratusan themes (tema) atau tampilan-tampilan website instant yang dapat anda download dan bongkar pasang secara gratis pada blog kesayangan anda, jadi anda dapat memilih style website blog sesuai dengan tema website anda, semuanya mudah tinggal Upload file templates wordpress ke server web host anda dan aktifkan di CMS WP dengan satu kali click saja ;)

4. Pekerjaan menulis menjadi sangat mudah karena tampilan dan fasilitas mengetik di CMS dibuat se-User Friendly sekali, mmm…rada-rada mirip Ms. Word lah ;) begitu mudah memasukan Foto, player Music dan Video atau file-file lainnya seperti ZIP, RAR kedalam tulisan anda tadi.

5. Mudahnya mengorganisasikan Link antar halaman, membuat category untuk tulisan yang anda buat, tags (kata yang berkaitan dengan tulisan anda), membuat halaman baru, dll.

6. Dibuat juga system auto save ketika anda menulis sehingga suatu saat anda perlu kembali ke daftar Undo anda tinggal mengclicknya dengan mudah, dan yang lebih hebat lagi ketika anda menekan tombol save, semua tulisan-tulisan anda akan langsung “dilaporkan” ke berbagai Search Engine, benar-benar sangat mendukung konsep SEO (Search Engine Optimization) yang saya sampaikan di artikel saya sebelumnya. Selain itu juga terdapat fasilitas spell check & previews, sehingga sebelum ketikan anda benar-benar di publish (menerbitkan) ke khalayak umum anda bisa melihat preview (tampilan sementara) halaman tersebut dengan mudah.

7. Beberapa themes yang mendukung widget atau daftar menu di samping halaman web blog anda dapat dengan mudahnya drag and drop menu-menu tambahan seperti kalender, menu pencarian, iklan, komentar terbaru, halaman paling populer, dll.

8. Satu hal yang sangat saya salut dari WP ini adalah besarnya antusias seluruh programer dan designer untuk membuat themes dan plugin-plugin yang sangat bermanfaat bagi blog kita, seperti sitemap otomatis, adsense manager, feed, polling pengunjung, data statistik pengunjung secara lengkap dan detail, dan masih banyak lagi, untuk plugin ini saya akan sampaikan dalam artikel saya selanjutnya.

9. Terdapatnya fasilitas Export database dan Import Database sehingga anda dapat “Bekerja” di rumah dan mengupload seluruh tulisan dan sturktur blog anda langsung ke internet di warnet ;) ngirit bukan? dan begitu juga sebaliknya anda dapat mendownload seluruh isi web anda di internet dan membukanya di computer local (offline) di kamar anda.

10. Dan masih banyak lagi fasiltas lainnya.

Itulah beberapa alasan-alasan saya memutuskan untuk “Berhijrah” ke WordPress, selain menghemat waktu saya karena terus menerus menulis code PHP dan Javacsripts ketika ingin menambah failitas-failitas tambahan pada website, saya juga mendapatkan banyak sekali keterbatasan CMS dari apa yang telah saya pelajari sebelumnya. Anda lihat sekarang saya bisa lebih sering menulis artikel dan tutorial karena semuanya sudah cukup sempurna;) saya ucapkan salut untuk WordPress dan Bloger WordPress!! tunggu artikel saya selanjutnya tentang bagimana memodif WP dan Themes sehingga bisa sesuai keinginan anda

Semoga bermanfaat ;)

Containt Management System

Postingan Terkait

ngeblog-blogging-blogger-mengganti-wp-admin-thumbs

Bagaimana Cara Mudah Merubah Username Admin di WordPress

thumbs-aku-blogger-indonesia-sejati

Buktikan Bahwa “Aku Blogger Indonesia Sejati” dengan Pasang Badgenya

inspirasi2008

Koleksi Website karya Webdesigner yang Paling Menginspirasi di Sepanjang Tahun 2008

SEO-designerlistic-dot-net

Panduan SEO (Search Engine Optimization) untuk Web Designer

Tinggalkan Balasan