bigs-furniture-designerlistic-dot-net-post

Berapakah Harga Jasa Design & Pembuatan Logo Vector

Inilah salah satu artikel tentang design Logo yang paling saya senangi ;) kenapa? karena disinilah anda para Graphic Designer Newbie dapat mengetahui apa saja kriteria penilaian yang sering menjadi permintaan Client atau pemesan jasa pembuatan desain logo, referensi jenis-jenis logo saat ini dan tentu saja yang terpenting berapakah hasil karya design Vector Logo anda akan dihargai secara Profesional.

Berbekal secuil pengalaman mengikuti kontes atau tender design profesional yang sedang saya ikuti saat ini, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga untuk saya bagi dengan designerlistic semuanya.

bigs-furniture-designerlistic-post1

"Salah satu contoh nominasi Design Logo yang Saya kompetisikan tangal 05-03-09"

Selain itu juga disini anda bisa mendapatkan acuan untuk mengadakan sebuah event lomba membuat logo untuk acara Pensi ataupun acara-acara lainnya, diantaranya yaitu:

Harga dibalik Prestisi Sebuah Design Logo

Entahlah kenapa saya ingin sekali mengambil subjudul seperti diatas, mungkin berawal dari kurangnya apresiasi dalam reward dan penghomatan dari hasil karya sebuah desain grafis saat ini, khususnya dalam pembuatan Logo yang selama ini saya rasakan.

Namun itulah profesi seorang Graphic Designer, ia tidak akan mendapatkan apa yang diimpikannya jika selalu berdiam dalam ‘tempurung’, ia haruslah mulai mengepakan sayapnya untuk meraih jam terbang tinggi dengan mengikuti berbagai kompetisi dan tender-tender design.

Anda tahu akhir-akhir ini semangat berkarya saya sedang terbakar karena melihat penghargaan tinggi terhadap Bonus Tender sebuah design logo yang saya ikuti, ya memang belum tentu juga saya menang.. ;) namun setidaknya Portofolio adalah target jangka pendek saya saat ini.

berikut adalah point-point penting dari sebuah tender design logo Profesional yang wajib diketahui oleh para Newbie Designer:

PRIZE AMMOUNT (Kisaran Harga)

Untuk tender kelas middle-low (Menengah kebawah), sebuah (Catat!! 1 buah) design biasanya akan dihargai sekurang-kurangnya $250-$1000 atau kurang lebih 2 juta-10 juta Rupiah, jadi ini bisa menjadi patokan anda dalam mempatok harga sebuah design logo yang anda buat untuk Client atau pemesan jasa anda.

Memang untuk ukuran sebuah kota kecil tempat saya berpijak seperti Tasikmalaya, harga ’10 juta/design’ sungguh suatu hil yang mustahal ;) paling banterpun ‘uang lelah’ yang saya dapatkan selama ini hanya bekisar 20-50ribu perak (hehe), tapi tidak masalah… seseorang pasti mengalami fase karir dari pemula menuju profesional, dan saat ini saya sedang membangun jaringan relasi dan portofolio di ajang yang lebih tinggi lagi ;) salam Go International!!

Jadi jika suatu saat anda mengikuti ajang International, harga seperti itu biasanya sangat pas untuk didapatkan

Info: Seiring dengan membanjirnya peminat website/blog untuk pribadi/institusi dan perusahaan, maka setiap hari sangat banyak orang di berbagai belahan dunia yang men-tender-kan desainnya dan biasanya dari pengalaman yang saya lihat rata-rata 3-12 design logo baru selalu ditenderkan, menarik bukan ;) ?

TIME LENGTH (Limit Waktu)

Biasanya waktu yang diberikan minimal adalah 5-14 Hari, jadi saya rasa ini lebih dari cukup bagi anda untuk memulai memikirkan konsep dan creative idea dari design logo’s yang akan dibuat.

Perlu diketahui juga bagi Client batas waktu adalah segalanya, jadi jika anda tidak terbiasa dengan Dead Line saya rasa inilah waktu yang tepat untuk ‘bertempur’ dengan hal tersebut :D .

Contest/Tender Brief (Kriteria Kontes)

Dibawah ini adalah kriteria design yang biasa ditenderkan oleh Client dalam sebuah kompetisi terbuka, diantaranya adalah:

Company Name (Nama Perusahaan)

Disini anda akan diberikan konsep utama design logo yang akan anda buat, karena hampir 70-85% sebuah ide logo diangkat dari nama perusahaan client kita.

Contoh jika nama perusahaan client adalah Dr. Dentist maka berfikir keraslah tentang ide-ide seputar Dokter Gigi, sebuah Gigi dan peralatannya ;) , jika nama perusahaan adalah Friendly Chat maka carilah ide-ide yang berhubungan dengan nama tersebut, misalnya icon Callout, emoticon, dll.

Tips : jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang Apakah itu arti sebuah logo dan mendownload contoh file vector Design Counter Handphone dalam format Coreldraw, anda dapat mendapatkannya di artikel saya sebelumnya.

Slogan

Dari sini anda akan mendapatkan gambaran tentang visi-misi perusahaan, itu berarti pekerjaan anda akan ‘sedikit’ lebih ringan. Selain itu juga biasanya Slogan ini akan dijadikan tagline atau subjudul dari logo yang dibuat (biasanya di tempatkan dibawah logo utama).

Info : adakalanya Client meminta Slogan menjadi bagian dari Logo yang dimintanya ada kalanya juga tidak.

What We Do (Aktifitas Client) & Our Industry

Dari sini kita akan mendapatkan gambaran singkat (3-5 baris) apa saja usaha/jasa yang dilakukan oleh Client kita, dan biasanya dari sini juga kita akan melihat reputasi perusahaan, jumlah konsumen dan penjualannya, dll.

Format Accepted

(Format hasil akhir design yang diinginkan) : Inilah salah satu bagian terpenting dari format design yang dikompetisikan. Biasanya Desain Logo hanya diijinkan menggunakan dua buah software grafis saja yaitu Adobe Ilustrator (*.ai) dan Coreldraw (*.cdr), tidak untuk yang lainnya, kenapa? bagaimana dengan Adobe Photoshop yang sangat populer itu???.

Inilah hal yang harus anda pahami dan perlu digaris bawahi dengan jelas!! bahwa sebuah Logo haruslah berbentuk Vector (AI, EPS, CDR, SWG) bukan Bitmap (seperti file JPG, GIF, BMP, PNG), kenapa? karena dengan vector setiap bentuk dan lekukan logo masihlah berbentuk orsinil, tidak terpengaruh dengan besar-kecilnya ukuran pixel, mudah untuk dikembangkan menjadi format lain.

Info : Contoh paling mudah untuk menggambarkan bentuk dari Vector adalah Clip-Art (*.WMF) pada Microsoft Word dan Font (Huruf) yang digunakan di Computer.

Berbeda halnya dengan Logo berformat Bitmap, file design dengan extention ini akan terpengaruh dengan besar kecilnya ukuran design dalam pixel, contohnya sebuah Photo yang diperbesar 5-100 kali dari ukuran aslinya akan tampak pecah-pecah bukan? itulah logo berformat Bitmap dia memiliki titik-titik warna (pixel) yang sangat kecil sehingga membentuk suatu bentuk potret seperti wajah, pemandangan, dll.

Catatan : Clip-art, Logo, Font yang telah di Save As /di Export / di Convert menjadi JPG, GIF, PNG, BMP sudah tidak memiliki kriteria sebagai vector lagi.

Top Three Things to Communicate through our Logo (Tiga Hal yang ingin dikomunikasikan oleh logo yang kita buat)

biasanya juga si pemesan logo akan membuat sebuah list yang berisikan 3 macam komunikasi non-verbal yang ingin disampaikan melalui logo yang dimintanya, dan tentu saja tugas anda adalah mentransfernya menjadi bentuk sebuah mahakarya grafis.

Contoh: tiga hal yang diminta Client dengan nama BIG’S Furniture adalah BIG Selection, BIG Saving dan BIG Value.

Our Target Audience

Target audience logopun akan ditentukan oleh Client, sehingga dalam menentukan Gaya atau Style design anda akan memiliki range atau cakupan yang jelas.

Contoh: Target Audience dari Client bernama Ceditreport adalah Individuals with credit problems, confused about credit, wanting to develop credit sedangkan IBAR Outfitters mentargetkan Outdoor people the that love to hunt waterfowl. People of all ages young and old. Majority are men 26-50 years of age.

Stylistic Sliders (Karakter sebuah Logo)

Disini Client akan menjelaskan berapa Presentase (%) dari pasangan-pasangan sifat dari design logo yang diinginkannya, misalnya untuk logo Tas Shopie Martine karakter Feminine = 86% dan Masculine = 14%. Berikut adalah point karakter Logo yang sering diminta:

  • Feminine-Masculine
  • Simple-Complex
  • Gray-Colorful
  • Subtle-Bright
  • Quiet-Loud
  • Necessity-Luxury
  • Expensive-conomical
  • Playful-Serious
  • Modern-Classic
  • Raw-Refined
  • Exotic-Commonplace
  • Sporty-Elegant
  • Adventure-Secure

Styles that we are interested in

Saat ini banyak sekali trend dari Style Design yang sedang populer didunia, namun secara umum bentuk-bentuk gaya desain logo terbagi-bagi atas:

Wordmark

Sebuah design logo dengan Style Wordmark biasanya berbentuk Nama Perusahaan dan gaya editan diluar standar font biasa, dan biasanya juga diberi sedikit sentuhan abstak kecil atau pictorial elements.

Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
wordmark1

Pictoral Mark

Desain grafis logo dengan konsep ini menggunakan penggambaran respresentatif dari sebuah symbol untuk menggambarkan suatu merk, contohnya Merk Jaguar dilambangkan dengan simbol logo hewan Jaguar.

Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
pictoral1

Letterform Mark

Untuk jenis design ini biasanya selalu menggunakan singkatan huruf dari nama perusahaan (1-2 huruf)

Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
letterform1

Emblem

Sebuah design yang bergaya Emblem menawarkan bentuk nama perusahaan yang dibalut dengan pictorial elemen dan bentuk, contohnya yang biasa digunakan oleh logo almamater TK, SD, SMP, SMA, College, University, dll.

Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
emblem1

Character

Design dengan konsep Character adalah logo yang mengusung Mascot perusahaan menjadi logonya. Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
character1

Abstract Mark

Menggunakan bentuk abstract dan simbol untuk mewakili atribut tentang suatu perusahaan. Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:

abstract1

Web 2.0

Walaupun tidak ada penjelasan pasti secara literatur tentang logo bergaya “Web 2.0”, namun ciri-ciri elemennya dapat kita kenali, yaitu warna vibrant, sentuhan 3D, Gloosy (berkilau), Cetak tebal, Gradasi warna dan memilik effect bayangan. Contoh paling terkenal dari logo-logo yang menggunakan konsep ini adalah:
web21

Color Preferences (Pemilihan dan Padupadan Wana)

Disini designer akan mengetahui warna-warna dasar yang diinginkan atau diwajibkan oleh pemasang tender, misalnya Cient dengan nama Hernandez Dental menulis:

“I am from the University of Southern California, so in my ads I have used the colors of Cardinal and Gold. I am very passionate about my profession since I am a patient of these head and neck afflictions. Commitment to excellence interests em. Silver and Black. Purple is my favorite colors. I do want it to pop.”

Our Ideas and Additional Information

Ada kalanya Client memiliki ide tersendiri yang ingin anda buatkan untuknya, maka dari itu salah satu kriteria Ide Kami dan Informasi Tambahan ini tambah mengkerucutkan rentetan konsep diatas, yang berarti hal ini lebih menspesifikasikan keinginan Client dan desainer grafis, contoh pemesan jasa dengan nama CHRONOPASSION yang bergerak dalam produsen Jam Tangan adalah:

“OUR WATCHES COULD BE VERY TECHNICAL OR VERY PURE”

Where we will use the Logo (Dimanakah logo akan dipasang)

Disinilah point terakhir untuk menutup daftar keinginan Client yang akan dikompetisikan kepada khalayak umum, yaitu dimanakah dia akan memasang Logo yang anda design? berikut adalah contoh-contohnya: Web, Print, Billboards & Signs, Television, Mugs, T-shirts, dll.

Tips : Anda harus ingat bahwa design yang akan dipergunakan untuk Website akan berbeda halnya dengan desain yang digunakan untuk T-Shirts, jadi persiapkan lebih jeli konsepan logo anda.

Kesimpulan

Dari banyaknya kriteria diatas, tentu saja semuanya adalah tantangan bagi anda untuk mencobanya dan belajar untuk merespon keinginan peminat jasa design anda. Apapun tujuan anda dalam berkarya, tapi satu yang pasti jika anda melakukannya dengan serius kemudian terus berlatih dengan bermacam-macam tutorial, saya yakin pengalaman akan mendewasakan Skill anda…

From Bego to Hero Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan